Selamat Datang di Portal Resmi Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan

Senin, 27 Februari 2012

Persiapan Akreditasi Madrasah

Arjosari, 24 Pebruari 2012. Bertempat di Gedung MTs Ma'arif Mlati Kecamatan Arjosari, diselenggarakan Rapat Persiapan Akreditasi 2012 diikuti oleh Dewan Guru dan Komite MTs Ma'arif Mlati Arjosari dan dihadiri oleh Bapak Bojadi, S.Ag Pengawas PAI SLPT/SLTA dan dari Seksi Mapenda diwakili oleh Bapak Sumino. Dalam sambutannya Pengawas PAI SLPT/SLTA menyampaikan beberapa hal antara lain :
  1. Akreditasi merupakan bagian komponen sistem penjaminan mutu pendidikan dalam rangka memenuhi SPM dan SNP yang diadakan lima tahun sekali dengan tujuan menentukan tingkat kelayakan suatu lembaga madrasah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan sekaligus memperoleh gambaran tentang kinerja madrasah.
  2. Penilaian akreditasi didasarkan pada delapan komponen Standar Nasional Pendidikan, oleh karena itu perlu persiapan baik secara administrasi maupun bukti pendukung daripada administrasi yang dibuat.
  3. Dalam menghadapi pelaksanaan akreditasi diharapkan adanya kerjasama dan kerja keras untuk mewujudkan lembaga madrasah yang benar-benar siap diakreditasi, baik secara administrasi maupun secara fisik.
Adapun materi selanjutnya tentang Instrumen Akreditasi dan pembahasannya serta contoh-contoh bukti pendukung disampaikan oleh Ridwan, S.Pd.I, Kepala MA Pembangunan Kikil Arjosari.