Selamat Datang di Portal Resmi Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan

Rabu, 14 November 2012

LOMBA HAFALAN ASMAUL HUSNA TINGKAT SMA/SMK/MA KAB. PACITAN TAHUN 2012

Bertempat di Gedung Bhayangkara Polres Pacitan, tanggal 12-13 Nopember 2012, berlangsung hafalan Asmaul Husna Tingkat SMA/SMK/Ma Kab. Pacitan Tahun 2012. Kegiatan ini berkat kerja bareng Polres Pacitan, Dinas Pendidikan Kab. Pacitan dan Kantor Kementerian Agama Kab. Pacitan. Kegiatan ini diikuti 46 lembaga. Dalam sambutannya Ketua Penyelenggara yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Pacitan kegiatan dimaksud bertujuan :
  1. Pembinaan Kesiswaan
  2. Pendidikan Pembentukan Karakter Siswa-siswi SLTA
  3. Pembinaan bagi pelajar SMA/SMK/MA
  4. Mempererat tali persaudaan antar pelajar
  5. Mencegah kenakalan remaja/ perkelahian antar pelajar
Acara tersebut dibuka oleh Bupati Pacitan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, dalam sambutannya Bupati mengharapkan kegiatan ini berdampak positif terhadap para pelajar yang ada di Kabbupaten Pacitan diantaranya :
  1. Peningkatan ketaqwaan dan keimanan bagi siswa-siswi
  2. Pengamalan nilai-nilai karakter bagi para pelajar
  3. Penanggulan kenakalan remaja (penyalahgunaan narkoba/tawuran pelajar, dll)
  4. Dapat memupuk rasa nasionalisme bagi para pelajar
Disamping itu Bupati Pacitan mengharapkan nilai aqidah perlu ditanamkan kepada para pelajar mulai dari tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi, bahkan perlu dimulai usia prasekolah, karena aqidah merupakan benteng dari segala hal. Untuk meningkatkan rasa nasionalisme bagi para pelajar perlu dibekali Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI).

Dalam kesempatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pacitan yang diwakili Kepala Seksi Mapenda menegaskan kegiatan ini perlu dilanjutkan sebagai perwujudan pengamalan nilai-nilai agama bagi para pelajar sehingga dapat mengurangi perilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama, karakter dan budaya bangsa.

Kejuaraan lomba disampaikan oleh Ketua Tim Juri dengan hasil sebagai berikut :
  • Juara I : SMK Pembangunan Al-Fattah Kikil Arjosari
  • Juara II : SMAN 1 Pacitan
  • Juara III : SMKN Nawangan
  • Harapan I : MA Al Anwar Ploso Pacitan
  • Harapan II : SMAN 1 Ngadirojo
Para juara mendapatkan hadiah trophy, uang pembinaan dan bagi juara I mendapatkan reward dari Kapolres Pacitan berupa SIM C.
Acara ditutup oleh Kapolres Pacitan, dalam sambutannya menyampaikan rencana kedepan lomba ini perlu dimulai dari tingkat dasar sampai tingkat SLTA. Kapolres menegaskan dua hal, penguatan aqidah untuk menanggulangi segala hal kejahatan dan teknologi boleh maju tapi mental jangan sampai ketinggalan.

Foto-foto Kegiatan